NASIONALISME SEBUAH PRODUK PASTA GIGI (Merk yang terlupa)

Selamat malam..,

Kali ini saya menulis tentang salah satu merk yang dulu mungkin merk ini terkenal, namun sekarang sepertinya kalah bersaing dengan merk merk baru. Merk itu adalah RITA, beberapa dari Kita mungkin kurang familiar dengan merk RITA, tapi (mungkin) tidak dengan generasi di tahun 60,70,80, atau bahkan 90 an. Jajaran produk dibawah merk RITA diantaranya adalah shampo, bedak, minyak rambut,
Pasta gigi dan shampo merk RITA

Salah satu varian dari pasta gigi merk RITA, atau disebut RITADENT

Menjadi menarik karena, menurut informasi yang tertera pada stiker pada kotak pasta gigi ini menyatakan bahwa pasta gigi ini telah "DIPERCAYA" sejak tahun 1948, artinya pasta gigi ini sudah ada dan membesihkan gigi masyarakat Indonesia sejak tahun 1948, 3 tahun setelah proklamasi kemerdekaan Negara Kita Indonesia, tidak menutup kemungkinan juga kalau Presiden Soekarno juga menggosok gigi menggunakan pasta gigi ini. Lantas, apa karena pasta gigi ini sudah di percaya sejak tahun 1948 kah yang menjadikan pasta gigi ini mempunyai nilai nasionalisme lebih dari yang lain?, ternyata bukan. Sebelum membahas hal tersebut, mari kita sejenak bertanya? kenapa RITA? atau, siapa RITA? apakah RITA adalah pendiri perusahaan tersebut yang oleh sebab itu namanya dijadikan merk?. Saya tidak tahu pasti 100% mengapa digunakan RITA sebagai nama merk, namun ada sedikit informasi menarik yang tersaji dalam kotak pasta gigi merk RITA atau RITADENT, untuk lebih jelasnya silakan liat gambar berikut.


informasi mengenai Produk RITADENT

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, dalam keterangannya RITA merupakan singkatan dari Republik Indonesia Tanah Airku. Saya tidak tahu apakah ini merupakan singkatan resmi dari RITA atau hanya bahasa iklan saja, sejauh yang saya ketahui, hanya merk ini yang mempunyai singkatan yang begitu kental nilai nasioanalisme nya. Dimana Kita dapat menemukan produk ini, tentunya tidak semudah menemukan produk pasta gigi merk lain yang lebih mainstream, Ritadent biasa di temukan di toko toko kelontong kecil di kampung - kampung, di toko swalayan yang besar mungkin terdapat produk RITADENT ini, atau bahkan produk RITA yang lain, (shampo dan sebagainya). Agak sulit didapat, namun tak sesulit dan selangka untuk mendapatkan minyak rambut klasik merk RITA seperti di bawah ini.

Minyak rambut klasik RITA

Sedikit saja mengenai minyak rambut ini, salah Produk yang menggunakan nama RITA, namun apakah berasal dari 1 perusahaan yang sama saya mohon info dan koreksinya, kalo RITADENT masih dapat Kita dapatkan di swalayan atau toko kelontong, untuk yang ini sudah susah, minyak rambut yang juga jadul ini sudah sangat susah ditemui di pasaran. Minyak rambut ini sudah tidak tersedia di etalase atau display toko, namun untuk mendapatkanya Anda bisa mencoba nya secara ONLINE. Produk yang biasa disebut POMADE RITA dalam kemasannya sangat kebarat baratan menurut ane pribadi, dengan gambar seorang wanita yang sedang berada di taman bunga dengan latar belakang pegunungan bersalju, serta menggunakan bahasa Inggris dalam deskripsinya, sangat berbeda dengan RITADENT dengan singkatannya yang sangat nasionalis. Saya masih berusaha mendapatkannya dengan berburu di toko - toko serta swalayan di luar @lfamart dan ind8maret grup, entah kenapa Saya enggan untuk membeli POMADE RITA ini secara online, mungkin karena menikmati sensasi berburu barang yang sudah langka yang tidak terlalu mainstream.

Sekian dulu share Saya kali ini, nanti kalo sudah dapat POMADE RITA atau lebih tepatnya RITA OLD ENGLISH CLASSIC SOLIDIFIED BRILLIANTINE (fiuh, panjang bener namanya :p), Saya akan coba share lagi., 


Thx.

Comments

Unknown said…
Iya saya pernah pakai odol Rita inj..skrg kok ngilang ya
Omigasun said…
masih ada sih kayaknya kalo odolnya.., kalo rita brilliantine nya yang sekarang masih stop produksi..,