Nih Mainan Udah Bantu Banyak Bocah Buat Ngeliat Mekkah...

 Assalamualaikum.., ok pertama tama ane gag tau tuh mainan nama "resmi" nya apaan..(ok.., di kotaknya tertulis "Super Viewer 3-D :0 ), tapi yang jelas.., mainan itu merupakan salah satu oleh oleh favorit bagi anak anak dari orang yang pulang dari pergi haji. Ane inget masa kecil dulu.., selalu rebutan pengen pake tuh mainan.

Apa menariknya dari mainan ini. Setelah beranjak dewasa ane kurang setuju kalo ini disebut mainan, karena nih alat sebenarnya cuman alat untuk melihat gambar gambar (dalam hal ini gambar2 dan suasana di kota mekkah, sekitar ka'bah, dll) yang masih berpa klise atau negative dari foto CMIIW. Alat berbentuk menyerupai kaca mata yang lebih pantas di sebut teropong (binocular) ini satu paket dengan 
empat atau lima buah keping "Roll Film" yang berbentuk lingkaran, dimana tiap keping berisi antara 14 foto.


Cara pakainya pun sangat sederhana.., tinggal masukkan saja itu "Roll Film" ditempat yang telah disediakan, biasanya di bagian atas. Untuk melihat gambar, langsung lihat di bagian belakang mainan ini yang memang desain bentuknya menyerupai terpong. Jika gambar yang terlihat kurang jelas atau gelap, tinggal arahkan ke tempat yang terang atau banyak cahaya, nanti gambar akan menjadi lebih jelas. kalo pengen gambarnya berganti tinggal tekan tuas yang emang udah dibuat di samping.., kalo di gambar berwarna hitam.

So., apa Anda pernah mempunyai mainan seperti ini, ane penasaran.., apa cuman gambar ka'bah dan kota mekkah aja yang ada di film negatifnya.., ataukah juga beredar gambar gambar dari negara atau kota lain.., gambar kota paris dengan menara eiffelnya mungkin.., seumur hidup ane.., cuman gambar mekah aja yang pernah ane liat via mainan ini..,
Well.., sebagai penutup diatas ada foto ane lagi bernostalgia mengenang masa kecil pas lagi mainin.., yah.., walopun banyak gambar yang rusak gara - gara kena air :( ...

update.., ternyata nih mainan kalo di luar negeri sono namanya VIEWMASTER.., baru tau ane.., kalo di Indonesia ini namanya apa ya? 

Comments

hans said…
Ini mah mainan ane waktu kecil...filmnya macem2 bukan Mekkah doank. Ada film kartun, Superman, Lone Ranger, dsb. asik kok mainan alat ini waktu kecil
Omigasun said…
di toko mainan bro.., itu dulu.., kalo sekarang udah gag tau belinya dimana,,
Omigasun said…
wah.., kalo ane malah gag tau kalo ada film yang lain.., ane taunya cuman yang gambar2 mekkah doank.., dan selalu ada yang bawain kalo abis musim haji, buat oleh2 .., makanya identik dengan musim haji nih mainan.., paling enggak di tempat ane.., :p,, btw masih ada kah mainannya?